Jakarta, CNN Indonesia -- Warga Kota Bekasi kini bisa menyampaikan aspirasi atau laporan bila ada sesuatu yang tak beres hanya menggunakan aplikasi di ponsel pintar. Hal ini mungkin dilakukan setelah Bekasi melakukan soft launcing Patriot Operation Center (POC).
Patriot Operation Center ini merupakan inovasi dari Kota Bekasi untuk mewujudkan Bekasi Smart City yaitu kota yang aman, nyaman dan berkelanjutan dengan dukungan teknologi, peningkatan kapasitas sumberdaya manusia dan tatakelola yang baik.
Patriot Operation Center ini merupakan inovasi dari Kota Bekasi untuk mewujudkan Bekasi Smart City yaitu kota yang aman, nyaman dan berkelanjutan dengan dukungan teknologi, peningkatan kapasitas sumberdaya manusia dan tatakelola yang baik.
Patriot Operation Center atau POC ini berjalan di atas sebuah platform yang dinamakan Smart System Platform (SSP) dan didukung oleh berbagai aplikasi Smart City.
SSP ini dikembangkan oleh ITB dan didukung oleh Telkomsel. Smart System Platform adalah platform seamless integration sehingga seluruh kota lambat laun bisa terintegrasi menjadikan lebih mudah memahami dan melakukan pengendalian. Kuncinya, tata kelola dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik.
"Platform ini merupakan dasar dari pembangunan Bekasi Smart City yang terintegrasi. Saat ini sudah dimulai dengan berbagai komponen awal kota seperti kondisi kesehatan, lingkungan , ekonomi maupun beberap lalu lintas kota," ungkap Ketua Tim Peneliti Smart City ITB Suhono Harso Supangkat dalam keterangan tertulisnya.
Salah satu layanan atau aplikasi Smart City yang ada di dalam POC ini adalah aplikasi pelaporan dan aspirasi dari masyarakat.
Saat ini terdapat dua buah aplikasi pelaporan dan aspirasi masyarakat yang sudah terintegrasi dengan POC yaitu aplikasi POT dan Aplikasi SOROT.
POT kepanjangan dari Pelaporan Online Terpadu merupakan aplikasi yang disediakan khusus oleh Pemkot Bekasi bagi warganya. Sedangkan SOROT adalah kepanjangan dari Smart Online Reporting and Observation Tools, merupakan sebuah aplikasi pelaporan yang dikembangkan dari hasil penelitian di ITB.
Warga atau masyarakat dapat bebas memilih untuk melaporkan dan memberikan aspirasinya melalui POT atau melalui SOROT. Setiap laporan yang diberikan oleh masyarakat ke pemerintah melalui aplikasi POT dan SOROT dirancang kedepannya langsung ditindaklanjuti oleh dinas atau kelurahan setempat. Masyarakat dapat memberikan laporan atau masukannya melalui web atau mengunduh aplikasi SOROT di Google Play.
Dengan terintegrasinya aplikasi pelaporan POT dan SOROT pada Patriot Operation Center, Walikota Bekasi Rahmat Effendi dapat segera memantau tindak lanjut dari laporan dan aspirasi masyarakat secara langsung dari POC. Dengan demikian, tindak lanjut dari laporan masyarakat dapat segera diberikan dengan cepat dan tepat.
Namun demikian, ini masih akan dilakukan secara bertahap mengingat infrastruktur dan sumber daya manusianya harus terintegrasi.
"Ini masih tahap awal, karena baru menyangkut platform. Banyak dinas yang belum siap , baik infrastruktur maupun ekosistemnya atau kesiapan sumber daya manusia dan kecukupan tatakelolanya. Selanjutnya pembangunan dillakukan ke beberapa digitalisasai proses lifestyle di beberapa sektor melalui pendekatan gotong royong atau lebih populer disebut co creation. Termasuk analisis kota melalui big data dan sensor kota," pungkasnya
Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160307073502-185-115698/warga-bekasi-bisa-lapor-ke-walikota-via-aplikasi/
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa